Senin, 09 Januari 2012

Studi Kelayakan Usaha Awal Membangun Usaha

Sudah banyak dibahas mengenai beraneka ragam jenis usaha yang dapat dijadikan pilihan untuk memulai suatu usaha bahkan sampai dengan masalah detail teknis pelaksanaannya. Namun untuk memulai menggeluti sebuah usaha/bisnis selai kesiapan masalah teknis usaha, sangatlah penting untuk melakukan studi kelayakan usaha. Tindakan ini berkaitan dengan mempelajari berbagai hal tentang usaha tersebut, kemudian menyusun rencana, mengumpulkan data dan menganalisisnya. Setelah itu baru memutuskan untuk merealisasikannya dengan mendirikan atau membatalkan usaha tersebut.
Adapun beberapa aspek yang perlu Anda cermati dan perhatikan dalam menyusun sebuah studi kelayakan usaha adalah sebagai berikut :
  • Aspek Pemasaran
Pada saat Anda berencana mendirikan usaha/bisnis, faktor pemasaran meru­pakan hal terpenting /urutan pertama dalam menyusun studi kelayakan. Jika tidak ada gambaran yang jelas tentang pemasaran ini akan sulit diharapkan usaha akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, Anda perlu menggali informasi tentang pasar, mulai dari siapa, di mana, dan jumlah konsumennya. Lebih baik lagi apabila kita mengetahui peta kekuatan persaingan dari perusahaan sejenis, baik kelemahan maupun kekuatannya. Apabila Anda berencana mengembangkan usaha, informasi penting lainnya adalah rencana pesaing juga perlu diketahui termasuk pula kekuatan modal yang dimiliki pesaing. Amati pula harga dan mutu yang Anda inginkan dan sistem distribusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar